PENGARUH PEMANFAATAN ABU TERBANG (FLY ASH) PLTU OMBILIN SAWAN LUNTO SEBAGAI SUBSTITUSI SEMEN TERHADAP KUAT TEKAN BETON NORMAL

Ridwan Muhammad, Ridwan and Khadavi, Khadavi (2024) PENGARUH PEMANFAATAN ABU TERBANG (FLY ASH) PLTU OMBILIN SAWAN LUNTO SEBAGAI SUBSTITUSI SEMEN TERHADAP KUAT TEKAN BETON NORMAL. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN atau PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN, SARAN dan DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Beton adalah campuran dari material agregat kasar, agregat halus, air dan semen kadang-kadang juga ditambah dengan bahan tambahan (additive) dimana kekuatan beton akan dipengaruhi oleh sifat-sifat material tersebut. alternatif beton dalam penggunaan sebaian semen, maka dalam penelitian ini dilakukan pengantian fly ash ketika pembuatan beton. Abu terbang Fly Ash merupakan abu hasil sisa pembakaran batu bara berbutir halus dengan sifat pozzolanik. Pada penelitian ini variasi Abu Terbang (fly ash) yang dimasukkan pada penggantian sebagian semen dengan persentase 0%, 10%, 20%, 30%. Langkah awal pada penelitian inj, yaitu mencari material yang akan diuji unruk memperoleh nilai uji agregat, yang kemudian selanjutnya dilakukan perencanaan (mix design) untuk memperoleh komposisi campuran sesuai dengan kebutuhan pembuatan sampel. Nilai Kuat Tekan untuk beton normal 0% yaitu, 20,09 MPa umur 7 hari 21,59 MPa, umur 14 hari, dan 23,39 MPa umur 28 hari. Nilai uji Kuat Tekan beton maksimal dengan variasi 20% sebesar 25,65 MPa. Kata Kunci: Beton, Fly Ash, Kuat Tekan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 10 Sep 2024 06:04
Last Modified: 10 Sep 2024 06:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22810

Actions (login required)

View Item View Item