PERANCANGAN SISTEM KONTROL UNTUK WATER LEVEL CONTROL PADA BAK PENAMPUNG AIR SAWAH TADAH HUJAN DI KAMPUNG KOTO PANJANG KENAGARIAN DALKO KABUPATEN AGAM

Yahya, afrinanda and Mirza, Zoni (2024) PERANCANGAN SISTEM KONTROL UNTUK WATER LEVEL CONTROL PADA BAK PENAMPUNG AIR SAWAH TADAH HUJAN DI KAMPUNG KOTO PANJANG KENAGARIAN DALKO KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB i COVER.docx

Download (341kB)
[img] Text
BAB ii Kesimpulan dan saran.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB iii FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian ini, sistem pengendali permukaan air otomatis (Water Level Control) dirancang menggunakan berbagai komponen elektronik seperti sensor ultrasonik, Arduino Uno, relay XH-M230 DC, dan motor servo. Water Level Control adalah perangkat yang mengatur tinggi rendahnya permukaan air dalam wadah secara otomatis untuk menghemat listrik dan air, serta meningkatkan efisiensi penggunaan energi. Sistem ini bekerja dengan menggunakan tiga sensor untuk mendeteksi ketinggian air dan mengatur pengoperasian pompa air. Selain itu, Arduino Uno digunakan sebagai mikrokontroler untuk mengendalikan sistem secara keseluruhan, sementara relay XH-M230 DC berfungsi sebagai saklar elektronik untuk mengontrol aliran listrik. Sensor ultrasonik digunakan untuk mengukur jarak antara permukaan air dan sensor, dan motor servo berfungsi untuk mengendalikan posisi katup air. Ketika ketinggian air pada bak penampung menunjukan kapasitas minimal 20 %, maka WLC minimal akan memberikan signal kepada relay untuk menghidupkan pompa maka begitu pula sebaliknya, jika air telah mencapai kapasitas 95%, maka WLC maksimal akan mengirimkan signal ke relay menonaktifkan pompa agar air tidak terbuang percuma. Penelitian ini juga mengevaluasi kelebihan dan kekurangan Water Level Control, serta membahas desain elektronik yang andal dan penghematan biaya yang dihasilkan oleh penggunaan sistem ini. Pengambilan data volume air sawah hari pertama dengan luas 15 x 20 m^2dengan tinggi air pada jam 10.15 menunjukan ketinggian air 0,01 m sehingga didapatkan hasil kemampuan pompa untuk mengisi air sawah dengan hasil 0,75 m^3 / detik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Water Level Control dapat berjalan otomatis, menghemat listrik dan biaya, serta memaksimalkan potensi penggunaan air dengan efisiensi yang tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro
Depositing User: Teknik Elektro FTI
Date Deposited: 12 Sep 2024 06:35
Last Modified: 12 Sep 2024 06:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22938

Actions (login required)

View Item View Item