PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS TEMA 6 CITA-CITAKU BERBASIS SAINTIFIK UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Etria, Agnestia and Pebriyenni, Pebriyenni and Ade, Sri Madona (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS TEMA 6 CITA-CITAKU BERBASIS SAINTIFIK UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
59. ETRIA 1610013411013 COVER.pdf

Download (166kB)
[img] Text
59. ETRIA 1610013411013 Abstrak.pdf

Download (246kB)
[img] Text
59. ETRIA 1610013411013 BAB I.pdf

Download (148kB)
[img] Text
59. ETRIA 1610013411013 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
59. ETRIA 1610013411013 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
59. ETRIA 1610013411013 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
59. ETRIA 1610013411013 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
59. ETRIA 1610013411013 DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (255kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPS tema 6 cita-citaku berbasis saintifik untuk kelas IV SD pengembangan modul ini berkaitan dengan kehidupan lingkungan siswa sehingga menjadi modul yang valid dan praktis, jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Deploment) dengan menggunakan model 4D yaitu define, design, develop, dissmenate. Karena keterbatasan waktu maka penelitian ini hanya sampai 3D yaitu tahap define, design, and develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Instrument penelitian melitputi lembar validasi dan lembar praktikalitas. Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 1 orang dosen validator materi, 1 orang dosen validator bahasa, dan 1 orang dosen validator desain. Berdasarkan hasil penelitian validasi modul pembelajaran IPS berbasis Saintifik diperoleh hasil yaitu 90% dengan kategori sangat valid. Sedangkan uji praktikalitas oleh 1 orang guru memperoleh hasil 93% dengan katagori sangat praktis dan hasil dari praktikalitas oleh siswa diperolah persentase 100% dengan katagori sangat praktis. Dari hasil penellitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS tema 6 cita-citaku berbasis Saintifik untuk siswa kelas IV SD yang dihasilkan valid dan cukup praktis digunakan sebagai salah satu sumber belajar bagi guru ataupun siswa di kelas IV SD. Kata Kunci: Pengembangan, Modul, IPS, Berbasis Saintifik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 29 Dec 2020 02:12
Last Modified: 29 Dec 2020 02:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2304

Actions (login required)

View Item View Item