MINAT BELAJAR MATEMATIKA DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SUNGAI TARAB

LUCI, JANDRAWATI and Edrizon, Edrizon and Yusri, Wahyuni (2016) MINAT BELAJAR MATEMATIKA DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SUNGAI TARAB. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
31.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kajian minat belajar matematika dan hubungannya dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sungai Tarab. Minat belajar matematika yang dimaksud dalam penelitian ini adalah dorongan yang ada pada diri siswa untuk mengikuti pelajaran matematika di dalam kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Sejauhmana minat belajar matematika dan hubungannya dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sungai Tarab”?. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis minat belajar matematika dan hubungannya dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sungai Tarab Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 68 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sungai Tarab.Teknik pengumpulan datamenggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial, yaitu: uji normalitas, uji homogenitas, analisis regresi linear sederhana, uji hipotesis dengan menggunakan koefisien determinasi (R2 ) dan uji tmelalui bantuan program SPSS versi 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa “Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara minat belajar matematika dan hubungannya dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sungai Tarab, dimananilai thitung>ttabel yaitu (2,789>1,668) atau nilaisig <α(0,007<0,05). Artinya semakin tinggi minat belajar siswa maka semakin tinggi hasil belajar yang diperoleh, begitu juga sebaliknya semakin rendah minat belajar siswa maka semakin rendah hasil belajar yang diperoleh siswa. Di dapat harga koefisien determinasi (R2 ) adalah 10,5%. Hal ini berarti terdapat pengaruh minat belajar sebesar 10,5% terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sungai Tarab. Berdasarkanpenelitian yang telah dilakukan, penulis menyarankan kepadaguru agar dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa dengan cara menggunakan metode belajar yang menarik dan merangsang minat belajar siswa agar mendapatkan hasil belajar yang memuaskan. Kepada peneliti selanjutnya yang tertarik untuk meneliti tentang hasil belajar hendaknya meneliti faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 23 Oct 2024 01:45
Last Modified: 23 Oct 2024 01:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23206

Actions (login required)

View Item View Item