ARNANDO, ARNANDO and NINIWATI, NINIWATI and Puspa, Amelia (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS DENGAN MENGGUNAKAN HAND OUT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 X KOTO DIATAS. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
32.PDF Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 X Koto Diatas, diantaranya proses pembelajaran matematika yang berlangsung masih ada yang terpusat pada guru, siswa tidak memahami materi dengan baik dan ketika diberi latihan, sebagian siswa hanya menyalin latihan temannya sehingga guru sulit memantau pemahaman siswa secara individu. Untuk mengatasi permasalahan ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks dengan menggunakan Hand Out. Melalui pembelajaran ini diharapkan proses pembelajaran akan menarik dan siswa dapat mengerjakan latihan secara sendiri-sendiri sehingga guru dapat memantau pemahaman siswa secara individu, memotivasi siswa untuk lebih belajar mandiri dan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks dengan Menggunakan Hand Out lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 X Koto Diatas tahun ajaran 2015/ 2016. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks dengan Menggunakan Hand Out lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 X Koto Diatas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 X Koto Diatas tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 3 kelas. Untuk pengambilan Sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, terpilih kelas VII3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data hasil belajar matematika siswa pada kedua kelas sampel, diperoleh hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t. Dari hasil analisis ii diperoleh thitung= 2,67 dan ttabel = 1,678, karena thitung > ttabel maka hipotesis yang diajukan dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks dengan menggunakan Hand Out lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 X Koto Diatas. Peneliti menyarankan agar guru matematika dapat menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks ini sebagai salah satu alternatif untuk memperbaiki hasil belajar matematika siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 01:50 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 01:50 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23207 |
Actions (login required)
View Item |