Wakri, Zarta and Fazri, Zuzano and Fauziah, Fauziah (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kontruktivis untuk Siswa Kelas VIII SMPN 15 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
33.PDF Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Minat belajar siswa dalam belajar matematika pada materi bangun ruang dengan pokok bahasan kubus dan balok terlihat masih rendah, materi ini termasuk salah satu topik dalam mata pelajaran matematika yang agak sulit dipahami siswa. Salah satu penyebab rendahnya minat belajar siswa ialah dalam mengajarkan materi ini guru masih menggunakan media buku dan penghapus papan yang dimisalkan sebagai bangun ruang sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi kurang efektif dan pada saat menggambar guru memerlukan waktu yang lama. Berdasarkan masalah tersebut peneliti ingin membuat media pembelajaran matematika interaktif yang valid pada materi bangun ruang dengan pokok bahasan kubus dan balok. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran matematika berbasis konstruktivis yang valid, praktis dan efektif pada pokok bahasan volume kubus dan balok untuk siswa kelas VIII SMPN 15 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan menggunakan prosedur penelitian Borg dan Gall yang terdiri dari beberapa langkah utama yaitu analisis produk yang dikembangkan, mengembangkan produk awal, dan uji coba produk. Uji coba produk yang dilakukan terdiri dari dua tahap yaitu validasi ahli dan uji coba skala kecil. Berdasarkan hasil validasi ahli, diperoleh skor kevalidan (
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 01:52 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 01:52 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23208 |
Actions (login required)
View Item |