PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 PADANG

HANIF, JAFRI and Zulfa, Amrina and Fauziah, Fauziah (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
36.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkanobservasi yang telahpenelitilakukan di SMA Negeri 5 Padang didapatkanbahwamasihadasiswa yang tidakmemperhatikan guru, malubertanyadanmencontohlatihantemandalam proses pembelajaran matematika. Selainitu, pembelajaran yang telah diterapkan gurumasihbelumbanyakmelibatkansiswadanhanyaberpusatkepada guru,akibatnyahasilbelajarsiswakurangmemuaskandanrendahnyapersentasesiswa yang mencapaiketuntasanbelajarmatematika.Untuk memperbaiki keadaan tersebut, peneliti mencoba melakukan penelitian dengan judul “PenerapanModel PembelajaranArtikulasipada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 5 padang”. Tujuanpenelitianadalahmembandingkanhasilbelajarmatematikasiswakelas X SMA Negeri 5 Padang yang pembelajarannyamenerapkan model pembelajaranartikulasidanhasilbelajarmatematikasiswa yang pembelajarannyamenerapkanpembelajaranbiasa. Hipotesisdalampenelitianiniadalahproporsisiswa yang mancapaiketuntasanbelajarmatematikasiswayang menerapkan model pembelajaranartikulasilebihtinggidariproporsisiswayang mencapaiketuntasanbelajarmatematika yangmenerapkanpembelajaranbiasa dikelas X SMA Negeri 5 Padang. Jenispenelitianadalahjenispenelitianeksperimen.Populasidalampenelitianinia dalahsiswakelas X SMA Negeri 5 Padangtahunajaran 2015/2016.PengambilansampeldilakukandenganteknikRandom Sampling, terpilihkelas X9sebagaikelaseksperimendankelas X8kelaskontrol. Instrumenpenelitianberupateshasilbelajar.Hasiltes yang diperolehdianalisisuntukpengujianhipotesismenggunakanrumusχ untuk dua sampel independen. Dari hasilanalisis datahasilbelajarsiswa, diperoleh = 5,63dan0,005 < < 0,0005.Olehkarena = 0,05, maka < berarti ii tolak danterima . Dengandemikiandisimpulkanbahwaproporsisiswa yang mencapaiketuntasanbelajarmatematika yang menerapkan model pembelajaranartikulasilebihtinggidariproporsisiswa yang mencapaiketuntasanbelajarmatematika yang menerapkanpembelajaranbiasa di kelasX SMA Negeri 5 Padang. Olehkarenaitu, penelitimenyarankan agar guru matematikadapatmenggunakanmodel pembelajaranartikulasidi kelas X SMA Negeri 5 Padangsebagaisalahsatualternatifuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 23 Oct 2024 02:25
Last Modified: 23 Oct 2024 02:25
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23211

Actions (login required)

View Item View Item