Penerapan model Cooperative Learning pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII Filial SMPN 7 Padang

Aneri, Chersianova and Susi, Herawati and Yusri, Wahyuni (2016) Penerapan model Cooperative Learning pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII Filial SMPN 7 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
38.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa Kelas VIII Filial SMPN 7 Padang yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu pada saat proses pembelajaran siswa masih kurang aktif dan interaksi antara guru dengan siswa maupun antar sesama siswa masih belum optimal. Untuk menyikapi hal tersebut maka perlu perbaikan dan inovasi dalam proses pembelajaran salah satu caranya yaitu dengan menerapkan model Cooperative Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa selama diterapkan model Cooperative Learning lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII Filial SMPN 7 Padang. Hipotesis yang diajukan adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model Cooperative Learning lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII Filial SMPN 7 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Filial SMPN 7 Padang tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari tiga kelas yang berjumlah 87 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Random Sampling karena tiga syarat pengambilan kelas sampel yaitu populasi berdistribusi normal dan bervariansi yang homogen serta mempunyai kesamaan rata-rata terpenuhi, maka kelas yang terpilih adalah kelas VIII 10 sebanyak 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 9 sebanyak 29 orang sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel, kemudian dilakukan uji hipotesis diperoleh t = 3,75 dan t = ii 1,67 pada taraf nyata 0,05. Karena t >t maka hipotesis yang diajukan dapat diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model Cooperative Learning lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 23 Oct 2024 02:54
Last Modified: 23 Oct 2024 02:54
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23213

Actions (login required)

View Item View Item