Elvisyah, Ardi and khairuddin, Khairuddin and Puspa, Amelia (2016) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Snowball Throwing dalam Pembelajaran Matematika Siswa kelas VIII MTsN Palangki Kabupaten Sijunjung. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
39.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Berdasarkan observasi yang telah peneliti lakukan di MTsNPalangki Kabupaten Sijunjung didapatkan bahwa proses pembelajaran masih terpusat pada guru. Hal ini terlihatdalam proses pembelajaran yang dilakukan masih cenderung berlangsung satu arah, dan masih didominasi oleh guru.Keaktifan siswa kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran masih belum tampak, siswa jarang mengajukan pertanyaan, keaktifan dalam mengerjakan soal-soal latihan yang masih kurang, dan siswa di kelas VIII juga kurang mampu menuliskan apa yang diketahui, ditanyakan dan menentukan rumus yang tepat untuk menyelesaikan masalah.Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa kelas VIII masih banyak di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diterapkanmodelpembelajaran tipe snowball throwing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran cooperativetipe snowball throwing lebih baik dari hasil belajar matematika yang pembelajarannya dengan penerapan model pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII MTsN Palangki Kabupaten Sijunjung.Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajarancooperative tipesnowball throwing lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran biasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas VIII MTsN Palangki Kabupaten Sijunjung, dari sampel terpilih kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.1 sebagai kelas kontrol.Data dalam penelitian ini adalah data hasil belajar pada kelas sampel diperoleh dari tes. Hasil ii tes yang diperoleh dianalisis untuk pengujian hipotesis menggunakan rumus χ2 untuk dua sampel independen. Dari hasil analisis, diperoleh Diperoleh = (0,95 ; 61) = 1,6668 didapat > yaitu 4,2> 1,6668, berarti terima dan tolak . Dengandemikian, disimpulkanbahwahasilbelajarmatematikayang menerapkanmodelpembelajarannyatipesnowball throwinglebihbaikdarihasilbelajarmatematika yang pembelajarannyamenerapkanpembelajaranbiasa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 02:58 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 02:58 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23214 |
Actions (login required)
View Item |