Penerapan Strategi Questions Student Have Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII SMPN 1 Bayang Utara

Novri, Ance Askar (2016) Penerapan Strategi Questions Student Have Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII SMPN 1 Bayang Utara. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
43.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang telah peneliti lakukan di SMPN 1 Bayang Utara didapatkan bahwa proses pembelajaran masih terpusat pada guru. Hal ini terlihat ketika guru menjelaskan materi pelajaran dan meminta siswa bertanya tentang materi yang sedang dipelajari, tidak ada satupun siswa yang mau bertanya. Aktivitas siswa hanya mencatat, mendengarkan dan melihat. Selain itu ketika diberi latihan siswa banyak yang menyalin jawaban dari temannya, sehingga hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Bayang Utara masih banyak di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diterapkan Strategi Questions Student Have. Tujuannya mengetahui perkembangan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Pada Strategi Questions Student Have mengharuskan siswa untuk membuat pertanyaan di kartu indeks sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Pertanyaan penelitian ini bagaimana perkembangan aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan Menerapkan strategi Questions Students Have. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan Strategi Questions Student Have lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran biasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan populasi siswa kelas VIII SMPN 1 Bayang Utara, kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini adalah data aktivitas belajar,kuis dan data hasil belajar matematika siswa. Data aktivitas belajar diperoleh dari lembar observasi yang terdiri dari 4 aspek aktivitas siswa. Hasil yang diperoleh, aktivitas belajar siswa untuk setiap pertemuannya cenderung lebih baik dari yang sebelumnya. Kuis dilaksanakan setiap awal pertemuan pembelajaran selanjutnya. ii Hasil dari kuis kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Kemudian data hasil belajar pada kelas sampel diperoleh dari tes. Kemudian data hasil belajar pada kelas sampel diperoleh dari tes. Hasil tes yang diperoleh dianalisis untuk pengujian hipotesis menggunakan rumus χ2 untuk dua sampel independen. Dari hasil analisis, diperoleh χ 2 = 5,1 dan db= 1 terletak diantara (0,01) dan (0,025) sehingga p < 0,05 berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, disimpulkan bahwa hasil belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan Strategi Questions Student Have lebih baik dari hasil belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 23 Oct 2024 03:32
Last Modified: 23 Oct 2024 03:32
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23218

Actions (login required)

View Item View Item