Iklil, Luqyana and Zulfa, Amrina and Edrizon, Edrizon (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Pembangunan Laboratoorium UNP. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
46.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Banyak siswa yang hasil belajar matematikanya masih rendah, diskusi kelompok tidak berjalan dengan lancar dan juga banyak siswa yang sibuk dengan aktifitas masing-masing saat proses pembelajaran matematika berlangsung, salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP? Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Hipotesis yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP pada tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.D sebanyak 35 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X.F sebanyak 35 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar. Sebelum tes diberikan terlebih dahulu diujicobakan di SMA Pertiwi 1 Padang. Dari analisis hasil uji coba tes diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,52 (derajat reliabilitas sedang). Data yang diperoleh adalah data kuantitatif yaitu dari data hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan analisis data hasil belajar matematika siswa pada kedua kelas sampel berdistribusi normal dan bervariansi homogen, maka untuk menguji hipotesis digunakan rumus t. Setelah dilakukan pengolahan data diperoleh = 8,70 dan ( , ; ) = 1,6692. Jadi. > ( , ; ) pada tingkat kepercayaan 95%. Dengan demikian berarti hipotesis H0 ditolak dan berarti hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran biasa di kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Peneliti menyarankan agar hasil penelitian ini menjadi bahan pertimbangan atau masukan bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian yang sama maupun penelitian lanjutan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 06:57 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 06:57 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23220 |
Actions (login required)
View Item |