Ayu, kurnia Sari and Mukhni, Mukhni and Zulfa, Amrina (2016) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Memahami Materi Bangun Datar Segiempat Di Kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
45.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dalam memahami suatu materi pada pembelajaran matematika. Setiap siswa memiliki tingkat kemampuan berpikir yang berbeda- beda dalam memahami suatu masalah sehingga cara berpikir siswa dalam merespon masalah yang ada juga berbeda-beda. Tinggi dan rendahnya nilai yang diperoleh siswa dipengaruhi oleh proses berpikirnya. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam memahami suatu materi yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam memahami materi bangun datar segiempat berdasarkan elemen bernalar dan standar intelektual bernalar Model Berpikir Kritis Paul dan Elder di kelas VII SMP Negeri 7 Padang 2) mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang berada pada level Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis (TKBK) tertentu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan menggunakan metode penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proposive sampling dan terpilih kelas VII1 sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian berupa tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis (TKBK) siswa dalam memahami materi bangun datar segiempat di kelas VII SMP Negeri 7 Padang berdasarkan elemen bernalar dan standar intelektual bernalar model berpikir kritis Paul dan Elder dengan sampel 34 orang siswa diperoleh siswa berada pada level TKBK 4 (0%), TKBK 3 (74,71%), TKBK 2 (15,88%), TKBK 1 (8,82%), dan TKBK 0 (0,59%). Berdasarkan persentase masing-masing TKBK yang diperoleh dari setiap butir soal dapat disimpulkan TKBK siswa dalam memahami bangun datar segiempat sudah mencapai level kritis (TKBK 3). Hal ini ditunjukkan dengan persentase pencapaian siswa pada level 3 mencapai 74,71% dengan demikian siswa sudah mencapai tahap berpikir Kritis. Secara umum faktor-faktor penyebab siswa berada pada level TKBK tertentu meliputi a) Siswa belum mampu menentukan informasi-informasi penting di dalam soal b)Siswa belum mampu menentukan konsep atau rumus dengan benar c)Siswa belum mampu membuat sketsa gambar yang diminta di dalam soal dengan benar d)Siswa dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah tidak tepat karena kurang teliti e)Kesimpulan yang diberikan siswa kurang atau tidak jelas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diharapkan siswa lebih sering mengerjakan soal-soal latihan karena dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir siswa, semakin sering siswa berlatih pemahaman siswa terhadap materi semakin bertambah dan menjadi luas. Sehingga kemampuan berpikir kritis siswa akan semakin berkembang
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 06:59 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 06:59 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23221 |
Actions (login required)
View Item |