PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DISERTAI QUIZ PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 PADANG

STHEFANI, WULANDARI and Susi, Herawati and NINIWATI, NINIWATI (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DISERTAI QUIZ PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
49.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang masih berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM).Hal ini disebabkan karena masih adanya siswa yang tidak siap untuk belajar, rendahnya perhatian siswa serta partisipasi siswa masih kurang dalam mengikuti pembelajaran matematika. Oleh sebab itu, model Discovery Learning disertai Quiz dapat dijadikan salah satu alternatif untuk memecahkan masalah tersebut. Hipotesis dari penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model Discovery Learning disertai Quiz lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang tahun pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pada taraf = 0,05. Data diperoleh dari hasil belajar kedua kelas sampel dan dari hasil perhitungan diperoleh = 3,73 dan = 1,67, karena maka hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model Discovery Learning disertai Quiz lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti mengharapkan guru bidang studi matematika dapat menerapkan model Discovery Learning disertai Quiz dalam pembelajaran matematika sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 23 Oct 2024 07:21
Last Modified: 23 Oct 2024 07:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23222

Actions (login required)

View Item View Item