Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Padang

Maulana, Ishak and NINIWATI, NINIWATI and Fauziah, Fauziah (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
53.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang telah peneliti lakukan di SMPN 3 Padang didapatkan bahwa proses pembelajaran masih terpusat pada guru. Hal ini terlihat ketika guru menjelaskan materi pelajaran dan meminta siswa bertanya tentang materi yang sedang dipelajari, tidak ada satupun siswa yang mau bertanya. Akibatnya aktivitas siswa hanya pendengar pasif, mereka hanya memperhatikan guru menjelaskan dan mengerjakan tugas yang diberikan guru, sesekali guru menyuruh siswa untuk bertanya tapi tidak ada tanggapan dari siswa. Sehingga hasil belajar siswa kelas VIII masih banyak di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diterapkan model pembelajaran Team Quiz. Pada model pembelajaran Team Quiz siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 orang, siswa berlatih berkomunikasi, mengeluarkan pendapatnya dan terlibat lansung dalam diskusi menjawab soal latihan matematika, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Team Quiz lebih baik dari pembelajaran matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran biasa Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas VIII SMPN 3 Padang, dari sampel terpilih kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini adalah data aktivitas belajar dan data hasil belajar matematika siswa. Data aktivitas belajar diperoleh dari lembar observasi yang terdiri dari 5 aspek aktivitas siswa. Hasil yang diperoleh, aktivitas belajar siswa untuk setiap pertemuannya cenderung lebih baik dari yang sebelumnya. Kemudian data hasil belajar pada kelas sampel diperoleh dari tes. Hasil tes yang diperoleh dianalisis untuk pengujian hipotesis menggunakan rumus χ2 untuk ii dua sampel independen. Dari hasil analisis, diperoleh χ 2 = 1,44 dan db= 1 terletak diantara (0,20) < < (0,30) = 0,10 < < 0,15 berarti H0 diterima dan H1 ditolak.Dengan demikian, disimpulkan bahwa hasil belajar matematika yang menerapkam model pembelajaran Team Quiz sama baiknya dari hasil belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan pembelajarab biasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 23 Oct 2024 07:28
Last Modified: 23 Oct 2024 07:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23226

Actions (login required)

View Item View Item