Widya, Arnitha and Mukhni, Mukhni and khairuddin, Khairuddin (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP N 4 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
52.PDF Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian besar nilai ulangan harian matematika ke dua semester ganjil siswa kelas VII SMP N 4 Padang tahun pelajaran 2015/2016 masih berada di bawah KKM. Terdapat faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa yaitu keaktifan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang dan siswa enggan untuk bertanya kepada guru apabila menemukan kendala dalam menyelesaikan soal latihan sehingga siswa kesulitan untuk mengerjakan soal latihan tersebut. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP N 4 Padang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas VII yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Hipotesis penelitian yang pertama adalah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa. Hipotesis penelitian yang kedua adalah peningkatan hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share sama baiknya dengan peningkatan hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa Jenis penelitian adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 4 Padang tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian adalah VII.1 kelas eksperimen dan VII.5 kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, perkembangan aktivitas siswa pada kelas eksperimen cenderung meningkat. Untuk pengujian hipotesis pertama digunakan uji t-tes pada taraf α = 0,05 menggunakan data tes akhir untuk tes hasil belajar siswa. Data hasil perhitungan tes akhir diperoleh P = 0,949 > 0,05 dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menerapkan ii pembelajaraan kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa. Untuk melihat peningkatan hasil belajar dari data hasil perhitungan N-gain dilakukan uji hipotesis u-test sehingga diperoleh hasil P= 0,2228 > 0,05, dapat di simpulkan peningkatan hasil belajar siswa yang terjadi di kelas yang menerapkan pembelajaraan kooperatif tipe Think Pair Share sama baiknya dengan peningkatan hasil belajar siswa yang terjadi di kelas yang menerapkan pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan guru bidang studi matematika dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran matematika sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:39 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:39 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23227 |
Actions (login required)
View Item |