Thesa, Anggita and Lutfian, Almash and Puspa, Amelia (2016) Analisis Kemampuan Hubungan Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
51.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa tidak dapat memahami konsep dan prosedur dalam penyelesaian soal, selain itu siswa tidak dapat mengkaitkan materi yang sedang dipelajari dengan materi sebelumnya dan siswa masih belum menguasai lima standar proses dari prinsip-prinsip dan standar matematika sekolah yang menyebabkan siswa salah dalam menyelesaikan soal. Hal ini di lihat dari hasil jawaban pada saat melakukan observasi dan hasil ujian akhir semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 diperoleh dengan jumlah siswa 254 orang, sebanyak 115 siswa atau 45,28% yang mencapai nilai KKM ditetapkan oleh sekolah yaitu nilai tes ≥ 80. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan siswa tentang hubungan matematis di kelas VIII SMP Negeri 31 Padang, (2) mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal tes hubungan matematis, dan (3) mendeskripsikan penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal hubungan matematis. Penelitian ini difokuskan pada enam indikator yaitu: (1) mencari hubungan berbagai representasi konsep dan prosedur, (2) memahami hubungan antar topik matematika, (3) menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari, (4) memahami representasi ekuivalen konsep yang sama, (5) mencari hubungan satu prosedur ke prosedur lain, serta (6) menggunakan hubungan antar topik matematika, dan antara topik matematika dengan topik lain. Adapun pertanyaan dalam penelitian ini adalah : (1) Berapa persen siswa yang menjawab benar berdasarkan ke enam indikator hubungan matematis?, (2) Berapa persen siswa yang mencapai tingkat penguasaan hubungan matematis berdasarkan jumlah indikator yang diukur?, (3) Berapa persen siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal tentang hubungan matematis berdasarkan ke enam indikator?, (4) Apa penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal tentang hubungan matematis? Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang pada tahun pelajaran 2015/2016, sedangkan sampel penelitian adalah tiga kelas yang diambil dengan teknik purposive sampling berdasarkan nilai ujian akhir semester ganjil mata pelajaran matematika yang memiliki rata-rata tinggi, sedang, dan rendah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:39 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:39 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23228 |
Actions (login required)
View Item |