Penerapan Model Kooperatif Tipe MeansEnds Analysis pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 12 Padang

Ahyu, Rahmah and Lutfian, Almash and Susi, Herawati (2016) Penerapan Model Kooperatif Tipe MeansEnds Analysis pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 12 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
50.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Salah satu faktor penyebab rendahnya persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika adalah pembelajaran di kelas masih terpusat pada guru dan kurangnya respon siswa dalam interaksi siswa dengan guru maupun antara siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, kurangnya keinginan siswa untuk bertanya atau siswa kurang aktif selama proses belajar mengajar berlangsung. Untuk mengatasi keadaan tersebut, penulis melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Kooperatif Tipe Means-Ends Analysis pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 12 Padang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Means-Ends Analysis di kelas VII SMPN 12 Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah proporsi ketuntasan belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Means-Ends Analysis lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan metode pembelajaran biasa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 12 Padang tahun pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.1 sebanyak 33 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebanyak 34 orang siswa sebagai kelas kontrol. Aktivitas belajar matematika siswa pada kelas eksperimen secara umum lebih tinggi dari aktivitas belajar matematika siswa pada kelas kontrol. Walaupun pada setiap pertemuan aktivitas belajar siswa tidak selalu mengalami peningkatan dan hanya dominan pada aspek aktivitas poin (1), poin (4) dan poin (5). Sedangkan hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel penelitian, setelah dilakukan uji hipotesis diperoleh = 3,39 dan db = 1 dengan ,0 025  p  05,0 . Oleh karena < 0,05 berarti ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan bahwa proporsi hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannnya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Means-Ends Analysis lebih tinggi dari proporsi hasil belajar matematika siswa yang menerapkan metode pembelajaran biasa. Maka, dapat disimpulkan hasil belajar matematika yang diajar dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe MeansEnds Analysis lebih baik dari hasil belajar matematika yang diajar dengan menerapkan metode pembelajaran biasa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 23 Oct 2024 07:41
Last Modified: 23 Oct 2024 07:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23229

Actions (login required)

View Item View Item