Kartina, Kartina and Rita, Desfitri and Puspa, Amelia (2016) Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman’s Error Analysis Pada Siswa Kelas VIII SMPN 27 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
55.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Untuk itu perlu dilakukan analisis tentang tipe-tipe kesalahan yang dilakukan siswa serta mendeskripsikan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut.Analisis kesalahan Newman atau Newman’s Error Analysisadalah salah satu metode sederhana yang dapat digunakan untuk mendiagnosis kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis tipe-tipe kesalahan yang dilakukansiswa kelas VIII SMPN 27 Padang dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Newman’s Error Analysis, 2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas VIII SMPN 27 Padang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Newman’s Error Analysis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan menggunakan metode penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 27 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih kelas VIIIE sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian berupa tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan kesalahan yang dilakukan siswa dengan sampel 29 orang siswa.Siswa melakukan kesalahan membaca atau pengkodean (R) sebanyak 89,66%, kesalahan memahami (C) sebanyak 89,66%, kesalahan transformasi (T) sebanyak 24,14%, kesalahan keterampilan proses (P) sebanyak 34,48%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir (E) sebanyak 72,41%. Faktorfaktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dapat dikelompokkan menjadi dua kendala yaitu: 1)permasalahan dalam kelancaran berbahasa dan konseptual yang sesuai dengan tingkat membaca sederhana dan memaknai masalah, 2)masalah dalam pengolahan matematika. Dari hasil penelitian disarankan sebaiknya siswa dibiasakan untuk menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan oleh soal dengan menggunakan konteks masalah soal cerita, memperbanyak latihan soal dan dibiasakan untuk mengecek kembali jawaban sebelum dikumpulkan, serta dibiasakan untuk menuliskan kesimpulan dari setiap soal dengan lengkap. Selain itu, sebaiknya guru lebih mengaitkanmateri pembelajaran dengan kehidupan sehari-sehari sehingga mudah dipahami dan diingat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 08:17 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 08:17 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23230 |
Actions (login required)
View Item |