Dedek, Suwandi and Lutfian, Almash and Yusri, Wahyuni (2016) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
56.PDF Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang salah satunya disebabkan oleh kurangnya aktivitas yang dilakukan siswa dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Dengan diterapkannya model ini diharapkan siswa dapat merespon materi pembelajaran dengan baik, seperti bertanya, memberikan pendapat, menyelesaikan soal, mendengarkan penjelasan dari teman ataupun guru serta terlibat dalam menyimpulkan materi yang berhubungan dengan permasalahan pada LKS yang diberikan serta dapat mengukur kemampuan siswa dengan diadakannya kuis disetiap awal pertemuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan aktivitas dan mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pada perkembangan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran biasa di kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Pertanyaan yang diajukan pada penelitian ini adalah bagaimanakah perkembangan aktivitas belajar matematika siswa kelas VII SMPN 31 Padang selama diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning dibandingkan dengan pembelajaran biasa? Hipotesis pada penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMPN 31 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari lima kelas. Sampel diambil dua kelas menggunakan uji homogenitas variansi dan dipilih kelas VII6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII7 sebagai kelas kontrol. Data aktivitas belajar diperoleh dari lembar observasi yang terdiri dari enam indikator aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas yang dilakukan siswa kelas eksperimen cenderung lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Lalu data kuis diperoleh dengan pemberian kuis disetiap awal pembelajaran. Persentase ketuntasan siswa pada kuis juga cenderung lebih tinggi kelas eksperimen dari pada kelas kontrol. Sedangkan data hasil belajar diperoleh dengan cara pemberian tes akhir pada kedua kelas sampel yang terdiri 6 butir soal uraian. Kemudian hasil tes siswa dianalisis menggunakan rumus . Diperoleh hitung = 6,67 dan dengan = 0,05 dan = 1 didapat ( , ; ) = 3,84. Ternyata = 6,67 > ( , ; ) = 3,84.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 08:16 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 08:16 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23231 |
Actions (login required)
View Item |