Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas VIII SMP Kartika I-7 Padang

Selfi, Yudika and Zulfa, Amrina and Yusri, Wahyuni (2016) Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas VIII SMP Kartika I-7 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
57.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika. Selain itu, nilai ulangan harian matematika siswa kelas VIII SMP Kartika I-7 Padang tahun pelajaran 2015/2016 masih banyak yang di bawah KKM. Untuk itu perlu dilakukan analisis kesulitan yang dialami siswa serta mendeskripsikan faktor penyebab siswa mengalami kesulitan tersebut. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis kesulitan- kesulitan yang dialami siswa kelas VIII SMP Kartika I-7 Padang dalam menyelesaikan soal matematika, 2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas VIII SMP Kartika I-7 Padang kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan menggunakan metode penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Kartika I-7 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proposive sampling dan terpilih kelas VIII2 sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian berupa tes diagnostik dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) siswa yang mengalami kesulitan konsep 40,74%, 2) kesulitan prinsip 29,62%, 3) kesulitan algoritma 96,30%, 4) kesulitan konsep dan prinsip 0%, 5) prinsip dan algoritma 0%, konsep, 6) algoritma 11,11%, dan 7) siswa yang mengalami kesulitan konsep, prinsip, dan algoritma 29,62%. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan adalah: 1) faktor individual berupa kecerdasan, cara belajar, dan kondisi fisiologis, 2) faktor sosial berupa cara mengajar guru, fasilitas belajar, hubungan dengan teman, dan hubungan dengan orangtua/keluarga. Dari hasil penelitian disarankan sebaiknya guru dalam mengajar lebih memfokuskan pada pemahaman siswa terhadap materi dan memperhatikan materi prasyarat yang harus dikuasai siswa sebelum mempelajari materi baru. Selain itu, sebaiknya guru juga melakukan analisis terhadap kesulitan yang sering dialami siswa dalam menyelesaikan soal sehingga dapat menentukan langkah yang tepat untuk mengatasi kesulitan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 23 Oct 2024 08:14
Last Modified: 23 Oct 2024 08:14
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23232

Actions (login required)

View Item View Item