Pengaruh Kebiasaan Belajar Matematika Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 27 Padang

Fathimah, Zahra and Rita, Desfitri and Fazri, Zuzano (2016) Pengaruh Kebiasaan Belajar Matematika Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 27 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
59.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya kebiasaan belajar siswa pada pembelajaran matematika di sekolah maupun di rumah. Selain itu, nilai semester ganjil matematika siswa kelas VII SMPN 27 Padang tahun pelajaran 2015/2016 masih banyak yang di bawah KKM. Oleh karena itu dilakukan penelitian tentang pengaruh kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan/menemukan terdapatnya pengaruh kebiasaan belajar matematika siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 27 Padang. Hipotesis yang dikemukakan adalah terdapatnya pengaruh kebiasaan belajar matematika siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 27 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 27 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen penelitian berupa angket dan tes uraian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari sampel 30 orang siswa terdapatnya pengaruh kebiasaan belajar matematika siswa terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 0,71 dengan persamaan regresi . Selain itu, kebiasaan belajar matematika siswa memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 27 Padang, yaitu 50,41%. Dari hasil penelitian diharapkan siswa memiliki kebiasaan belajar yang baik dalam belajar matematika. Dengan meningkatkan kebiasaan belajarnya akan membuat hasil belajarnya menjadi lebih baik. Selain itu, diharapkan guru juga memberikan bimbingan dan dorongan kepada siswa agar memperbaiki kebiasaan belajarnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 23 Oct 2024 08:18
Last Modified: 23 Oct 2024 08:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23234

Actions (login required)

View Item View Item