Anggi, Rama Putri and khairuddin, Khairuddin and Edrizon, Edrizon (2016) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Lintau. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
63.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Salah satu faktor penyebab banyak nilai siswa kelas VIII SMPN 1 Lintau di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah kurangnya pemahaman konsep matematika siswa. Oleh sebab itu guru harus mampu memilih model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas VIII SMPN 1 Lintau dan apakah pemahaman konsep matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik dari pemahaman konsep matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 1 Lintau Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa selama diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik dari pemahaman konsep matematika yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lintau. Pertanyaan penelitian ini adalah “Bagaimana pemahaman konsep matematika siswa selama menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada kelas VIII SMP Negeri 1 Lintau?”. Hipotesis penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share lebih baik dari pemahaman konsep matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lintau. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lintau yang terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari lima kelas yaitu VIII1 sampai VIII5. sampel diambil secara acak setelah dilakukan uji normalitas, uji homogenitas populasi dan uji kesamaan rata-rata. Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling dan kelas eksperimen yang terpilih adalah kelas VIII2 dan kelas kontrol yang terpilih adalah kelas VIII3. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah perlakuan yang diberikan pada kelas sampel penelitian yaitu penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada kelas eksperimen dan pembelajaran yang menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa setelah perlakuan diberikan. Jenis data penelitian ini adalah data kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer, yaitu bersumber dari tes akhir dari kelas sampel dan sumber data sekunder, yaitu bersumber dari tata usaha ii SMP Negeri 1 Lintau. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir.Data hasil tes akhir siswa yang mengandung indikator pemahaman konsep pada kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Maka untuk menguji hipotesis digunakan rumus t. Uji hipotesis hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data dengan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 2,2770 sedangkan ttabel = 1,6696 karena thitung > ttabel maka hipotesis H0 ditolak, berarti hipotesis yang diterima adalah hipotesis H1. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan diterima yaitu bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share lebih baik dari pemahaman konsep matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lintau pada tahun pelajaran 2014/2015. Penulis menyarankan agar guru atau pembaca dapat menggunakan model pembelajaran ini sebagai alternatif untuk menjadikan hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 08:24 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 08:24 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23235 |
Actions (login required)
View Item |