Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Bowling Kampus terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 22 Merangin

Dewi, Rusmiati and Fazri, Zuzano and Yusri, Wahyuni (2016) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Bowling Kampus terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 22 Merangin. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
60.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 22 Merangin disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kurangnya interaksi antara guru dengan siswa maupun antara siswa dengan siswa, kurangnya respon siswa untuk menanggapi pertanyaan guru, kurangnya keinginan siswa untuk bertanya, kurangnya rasa percaya diri siswa dan kurangnya keinginan siswa untuk berdiskusi dengan teman dalam proses pembelajaran, sehingga guru mengalami kesulitan dalam mengetahui apakah siswa sudah paham atau belum terhadap materi yang telah disampaikan. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Bowling Kampus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa setelah menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Bowling Kampus lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada kelas VIII SMPN 22 Merangin. Hipotesis yang diajukan adalah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Bowling Kampus lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMPN 22 Merangin. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 22 Merangin tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling jenuh sehingga terpilih kelas VIII.A sebanyak 22 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.B sebanyak 21 orang siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar berupa tes uraian. Berdasarkan data hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel, setelah dilakukan uji hipotesis dengan rumus t-tes pada taraf kepercayaan 0,05 diperoleh = 3,5532 dan = 1,969. Karena t > t maka hipotesis yang diajukan diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa ii yang pembelajarannya menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Bowling Kampus lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa, dan penulis menyarankan agar guru matematika dapat menerapkan strategi pembelajaran ini sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 23 Oct 2024 08:29
Last Modified: 23 Oct 2024 08:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23236

Actions (login required)

View Item View Item