Penerapan Model Pengajaran Induktif Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Adabiah Padang Tahun Pelajaran 2015/2016

Wulandari, Arfinandya and Zulfa, Amrina and NINIWATI, NINIWATI (2016) Penerapan Model Pengajaran Induktif Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Adabiah Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92MB)

Abstract

Salah satu faktorpenyebab banyak nilai siswa kelas VII SMP Adabiah Padang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah kurangnya pemahaman konsep matematika. Untuk mengatasi masalah ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan Model Pengajaran Induktif. Melalui model ini, siswa dapat belajardengan cara mengenal bentuk-bentuk khusus dari suatu materi pembelajaran terlebih dahulu, seperti contoh-contoh permasalahan atau keadaan yang ada di lingkungan sekitarnya menjadi bentuk umum berupa suatu konsep pembelajaran dengan caramengidentifikasi contoh-contoh yang telah terdefenisi secara umum, mengelompokan contoh-contoh yang telah diidentifikasi, melebel materi yang telah ditemukan siswa menjadi suatu konsep pembelajaran dan membuat hipotesis dengan menggunakan kalimat mereka sendiri sehingga siswa dapat memahami konsep materi yang dipelajari dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melalui model pengajaran induktif lebih baik dari pemahaman konsep siswa menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMP Adabiah Padang.Hipotesis yang dikemukakan adalah pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pengajaran induktif lebih baik dari pemahaman konsep matematika siswa menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMP Adabiah Padang. Jenis penelitian yang dilakukan penelitian eksperimen. Populasi adalah siswa kelas VII SMP Adabiah Padang tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari enam kelas. Sampel dipilih dari populasi setelah diketahui bahwa populasi mempunyai variansi yang homogen dan mempunyai kesamaan rata-rata. Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling dan terpilih kelas VII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol. Jumlah siswa pada kelas eksperimen adalah 28 siswa dan pada kelas kontrol 26 siswa. Data penelitian ini adalah pemahaman konsep siswa yang diperoleh dengan memberikan tes pada kedua kelas sampel yang mengandung indikator pemahaman konsep. Dari analisis data yang didapat hasil tes akhir berdistribusi normal tetapi tidak homogen. Untuk menguji hipotesis digunakan rumus ′dengan variansi yang tidak homogen. Setelah dilakukan pengolahan data diperoleh ′= 1,8844 dan ttabel = 1,701 pada tingkat kepercayaan 95%, sehingga ′>ttabel. Dengan demikian,hipotesis yang diajukan diterima yaitu pemahaman konsep matematika siswa dengan penerapan model pengajaran induktif lebih baik dari pemahaman konsep matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran biasa di kelas VII SMP Adabiah Padang.Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis mengharapkan guru bidang studi matematika dapat menerapkan model pengajaran induktif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 24 Oct 2024 03:12
Last Modified: 24 Oct 2024 03:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23240

Actions (login required)

View Item View Item