Pepi, Resdiana Putri and Rita, Desfitri and Puspa, Amelia (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Dua Tinggal Dua Tamu Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sutera. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
3.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa, diantaranya siswa yang kurang aktif pada proses pembelajaran, ketika diskusi kelompok siswa yang pandai bekerja secara individu dan tidak berkomunikasi dengan anggota yang sekelompok dengannya, siswa yang aktif hanya siswa yang sama setiap kali diskusi dan ketika guru memberi soal yang berbeda dari contoh yang diterangkan guru, sebagian besar siswa tidak mampu menyelesaikan soal tersebut. Siswa hanya menerima apa yang diterangkan guru saja dan cenderung meniru langkah-langkah yang dilakukan guru dalam menyelesaikan soal tanpa memahami dengan baik soal tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran Kooperatif teknik Dua Tinggal Dua Tamu dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Dua Tinggal Dua Tamu lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran biasa pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Sutera. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran Kooperatif Teknik Dua Tinggal Dua Tamu lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Sutera. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Sutera yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Data pada penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang diperoleh dengan memberikan tes pada kedua kelas sampel. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji t-tes pada taraf a = 0,05. Dari perhitungan diperoleh thitung = 1,133 dan ttabel = 1,674 karena thitung < ttabel maka hipotesis ditolak pada taraf kepercayaan 95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran Kooperatif Teknik Dua Tinggal Dua Tamu sama baiknya dengan hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Sutera Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 06:54 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 06:54 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23241 |
Actions (login required)
View Item |