Wewen, Yuhendri and Fazri, Zuzano and NINIWATI, NINIWATI (2016) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Menggunakan Kartu Bridge dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Adabiah Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
10.pdf Download (7MB) |
Abstract
Faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Adabiah Padang, diantaranya proses pembelajaran matematika yang berlangsung masih terpusat pada guru, siswa tidak memahami materi dengan baik dan ketika diberi latihan, sebagian siswa hanya menyalin latihan temannya sehingga guru sulit memantau pemahaman siswa secara individu. Untuk mengatasi permasalahan ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI ) dengan Menggunakan Kartu Bridge. Dengan menggunakan pembelajaran ini diharapkan akan menarik dan siswa dapat mengerjakan latihan secara sendiri- sendiri sehingga guru dapat memantau pemahaman siswa secara individu, memotivasi siswa untuk lebih belajar mandiri dan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Menggunakan Kartu Bridge lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Adabiah tahun pelajaran 2015/ 2016. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Menggunakan Kartu Bridge lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Adabiah Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Adabiah tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 4 kelas. Untuk pengambilan Sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, terpilih kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 08:14 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 08:14 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23247 |
Actions (login required)
View Item |