Zalukhu, Rida Yefni and Khairudin, Khairudin and Fauziah, Fauziah (2016) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP PGRI 4 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
11.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan bahwa terlihat bahwa proses pembelajaran masih terpusat pada guru. Hal ini terjadi pada saat guru menjelaskan materi, memberikan beberapa contoh soal, dan penyelesaian. Kemudian guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya, hanya saja siswa tidak berani mengungkapkan apa yang belum dipahaminya serta pada saat menyelesaikan latihan kebanyakan siswa menyalin jawaban dari siswa yang lain tanpa mengoreksi kembali jawaban tersebut. Di dalam kelas siswa juga jarang diberi kesempatan untuk berdiskusi dengan temannya. Akibatnya siswa hanya mendengar, mencatat, memperhatikan dan mengerjakan latihan dari guru. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP PGRI 4 Padang yang pembelajaranya menerapkan strategi Giving Question and Getting Answer lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa. Hipotesis yang diajukan adalah hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP PGRI 4 Padang yang pembelajarannya menerapkan Strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa di kelas VIII SMP PGRI 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP PGRI 4 Padang tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dua kelas yang homogen. Hasil yang diperoleh tidak adanya peningkatan hasil belajar siswa setiap pertemuannya. Data hasil belajar matematika siswa pada kedua kelas sampel, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan rata-rata pada taraf = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh = 1,47 dan ( , ; ) = 1,67. Karena < maka hipotesis yang diajukan tidak diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan Strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer tidak lebih baik atau sama dengan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran biasa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 01:32 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 01:32 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23249 |
Actions (login required)
View Item |