SUKMAYARTA, SUKMAYARTA and NINIWATI, NINIWATI and Fazri, Zuzano (2016) Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Kelas VIII B SMP N 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
12.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Proses pembelajaran matematika masih belum berorientasi pada kegiatan siswa belajar. Hal ini mengakibatkan siswa kurang aktif dan hasil belajar siswa masih belum mencapai KKM. Masih banyak siswa yang tidak mau bertanya apalagi mengeluarkan pendapat bila menemui kesulitan mengenai materi yang diajarkan, cenderung hanya mendengar dan mencatat pelajaran yang diberikan guru, sering keluar masuk kelas saat pembelajaran berlangsung. Oleh sebab itu maka peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ( Student Teams Achievement Division). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII B SMP N 1 Pantai Cermin dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VIII B SMP N 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok, dengan jumlah 32 orang. Terdiri dari 2 siklus yang dilaksanakan mulai dari tanggal 20 April 2015 sampi tanggal 29 Mei 2015. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar obsevasi aktivitas guru, dan tes akhir siklus. Teknik analisis data yang digunakan analisis aktivitas dan hasil belajar. Hasil penelitian pada masing-masing siklus memperlihatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata 21 orang siswa (65,63 %) melakukan aktivitas dan pada siklus II menjadi 28 orang siswa (87,59 %). Pada siklus I terdapat 19 orang siswa (59,38 %) tuntas dan pada siklus II mencapai 25 orang siswa (78,125 %) yang tuntas. Selanjutnya disimpulkan bahwa pembelajaran matematika yang dilakukan melalui model Cooperative Learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan kesimpulan diatas maka peneliti menyarankan kepada peneliti berikutnya supaya dapat menggunakan model Cooperative Learning tipe STAD (Student Teams Achivement Division) dalam menyajikan materi pelajaran kepada siswa supaya siswa berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran baik antara siswa dengan siswa, maupun antara siswa dengan guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 01:34 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 01:34 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23250 |
Actions (login required)
View Item |