PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITIONPADA PEMBELAJARAN MATEMATIKASISWA KELAS VII SMPN 1 PASAMAN

NOVITA, SARI Y and Edrizon, Edrizon and Rita, Desfitri (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITIONPADA PEMBELAJARAN MATEMATIKASISWA KELAS VII SMPN 1 PASAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Pasaman masih jauh di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) karena siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, pembelajaran masih terpusat pada guru, pemahaman siswa terhadap materi yang dibaca masih kurang, dan hasil pembelajaran matematika siswa masih rendah. Oleh karena itu, salah satu model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang pembelajaran menggunakan pembelajaran reguler pada siswa kelas VII SMPN 1 Pasaman. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition lebih baik dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran reguler siswa kelas VII SMPN 1 Pasaman. Jenis penelitian. Populasi dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Pasaman. Pada tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari delapan kelas homogen. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling karena tiga kondisi mulai dari populasi berdistribusi normal dan varians homogen serta rata-rata kemiripan terpenuhi maka dipilihlah siswa kelas. VII.6 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII.5 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data hasil belajar matematika siswa pada kelas sampel, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji beda rata-rata derajat. Dari perhitungan dan . Karena dengan demikian hipotesis diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang pembelajaran reguler. Kata kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 29 Oct 2024 01:39
Last Modified: 29 Oct 2024 01:39
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23253

Actions (login required)

View Item View Item