Eka Rama, Yanti and Susi, Herawati and Edrizon, Edrizon (2016) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Questions and Getting Answers pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 27 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
16.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan yang terjadi saat pembelajaran matematika di kelas VII SMP Negeri 27 Padang dikarenakan oleh beberapa hal, diantaranya berkaitan dengan proses pembelajaran yaitu guru lebih mendominasi, sehingga siswa tidak berani bertanya tentang materi yang belum dipahaminya. Selain itu, siswa masih kurang aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena pembelajaran berlangsung satu arah, dimana guru menjelaskan materi pelajaran, kemudian memberikan contoh soal dan latihan pada siswa, sedangkan siswa hanya mendengarkan penjelasan yang diberikan guru, kemudian mengerjakan latihan berdasarkan contoh soal yang diberikan guru. Pada saat proses pembelajaran para siswa tidak bisa dipaksa untuk bertanya dan memperhatikan pembelajaran. Kurangnya respon siswa terhadap pertanyaan yang diberikan guru, sehingga aktifitas siswa hanya mencatat saja. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan strategi pembelajaran aktif tipe giving questions and getting answers pada pembelajaran matematika siswa kelas VII SMPN 27 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 27 Padang yang menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe giving questions and getting answers dengan hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa. Hipotesis yang dikemukakan adalah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe giving questions and getting answers lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMPN 27 Padang. Sesuai dengan masalah yang dikemukakan di atas, maka jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 27 Padang tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari tujuh kelas yang telah diuji normalitas dan homogenitasnya. Sampel dalam ii penelitian ini adalah kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII1 sebagai kelas kontrol. Jumlah siswa pada masing-masing kelas sampel adalah 35 orang dan 32 orang. Berdasarkan data hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel, dilakukan uji hipotesis dengan uji-t pada taraf = 0,05 dan diperoleh thitung 2,26, t (0,95:63) 1,6775 . Karena > maka hipotesis yang diajukan diterima yaitu hasil belajar matematika siswa yang menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe giving questions and getting answers lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMPN 27 Padang
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 02:01 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 02:01 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23254 |
Actions (login required)
View Item |