Penerapan model pembelajaran aktif tipe Bermain Jawaban pada pembelajaran matematika siswa kelas VII SMPN 9 Pariaman

Sri Harmal, Winda and khairuddin, Khairuddin and NINIWATI, NINIWATI (2016) Penerapan model pembelajaran aktif tipe Bermain Jawaban pada pembelajaran matematika siswa kelas VII SMPN 9 Pariaman. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
25.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 9 Pariaman disebabkan oleh beberapa faktor yaitu pelaksanaan pembelajaran matematika sebagian besar masih terpusat pada guru, masih adanya siswa yang kurang termotivasi untuk belajar dan siswa cenderung cepat bosan dalam belajar. Ketika guru menerangkan materi siswa terlihat sibuk dengan pekerjaannya sendiri , misalnya ada yang mengobroldengantemannya dan ada yang sibuk sendiri menggambar di belakang buku tulis. Pada saat mengerjakan soal latihan, terlihat beberapa siswa mondar-mandir kebangku teman yang lebih pintar untuk mendapatkan jawaban dari soal yang diberikan oleh guru. Hanya beberapa siswa saja yang mengerjakan soal dengan sungguh-sungguh. Sedangkan siswa yang lainnya ada yang mengobrol, mengerjakan pekerjaan lain yang tidak berhubungan dengan pelajaran, ada yang meribut dan mengganggu temannya. Saat guru menanyakan kembali kepada siswa tentang kesulitan materi yang telah diajarkan tadi, hanya siswa yang duduk dibagian depan saja yang mau bertanya dan mengeluarkan pendapat. Akibatnya, materi pelajaran tidak dapat dipahami dengan baik. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran aktif tipe bermain jawaban pada pembelajaran matematika siswa kelas VII SMPN 9 Pariaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran aktif tipe Bermain Jawaban lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMPN 9 Pariaman. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran bermain jawaban lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN9 Pariaman Berdasarkan data hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel, dilakukan uji hipotesis dengan uji-t pada taraf = 0,05 dan diperoleh thitung 1,90, 0,95:51t = 1,68. Karena (0,95:51) t t hitung  maka tolak Ho dan terima H1yaitu hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran aktif tipe bermain jawabanlebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VII SMPN 9 Pariaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 29 Oct 2024 02:17
Last Modified: 29 Oct 2024 02:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23259

Actions (login required)

View Item View Item