Analisis Kesalahan Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII SMPN 3 X Koto Singkarak

WIZA, PUSPITA SARI and Fazri, Zuzano and Rita, Desfitri (2016) Analisis Kesalahan Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII SMPN 3 X Koto Singkarak. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
23.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kesalahan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah ketidak benaran siswa dalam mengerjakan soal-soal dan jenis kesalahan formal,kesalahan siswa kelas VIII SMPN 3 X Koto Singkarak dalam menggunakan konsep, prinsip, numerikdan verbal. Rumusan masalah dalam penelitan ini adalah berapa persentase kesalahan menggunakan konsep, prinsip, numerik, dan verbal yang dilakukan siswa SMPN 3 X Koto Singkarak pada materi relasi dan fungsi dan apa saja faktor penyebab siswa kelas VIII SMPN 3 X Koto Singkarak melakukan kesalahan konsep, prinsip, numerik, dan verbal dalam memahami materi relasi dan fungsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis dan faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan siswa kelas SMPN 3 X Koto Singkarak dalam menyelesaikan soal-soal relasi dan fungsi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 X Koto Singkarak. Sedangkan subyek penelitian 25 orang dipilih sebanyak 4 orang dengan alasan kesalahan yang dilakukan bervariasi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, dan wawancara. Jenis data yang digunakan data kualitatif, sedangkan sumber data dari penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Prosedur penelitian ini adalah tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penyelesaian. Data persentase kesalahan belajar yang dilakukan siswa kelas VIII SMPN 3 X Koto Singkarak konsep 45,91%, prinsip 14,29%, numerik 23, 47%, verbal 16,32%.Berdasarkan hasil dari penelitian diperoleh faktor kesalahan yang dilakukan siswa, yang faktor dari dalam (1) kurang menguasai materi prasyarat, (2) cara belajar yang kurang tepat, (3) kurang intensitas latihan mengerjakan soal, dan faktor luar (1) cara guru mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 29 Oct 2024 02:26
Last Modified: 29 Oct 2024 02:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23261

Actions (login required)

View Item View Item