Revino, Mertha and Lutfian, Almash and Fazri, Zuzano (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Disertai Kuis dalam Pembelajaran Matematika pada Kelas VIII MTsN Panampuang Ampek Angkek Kabupaten Agam. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
22.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Rendahnya persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika salah satunya disebabkan olehkurangnya respon siswa dan interaksi siswa dengan guru maupun antara siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajarankooperatiftipe Snowball Throwing. Dengan diterapkannya model pembelajarankooperatiftipe Snowball Throwingini, diharapkan siswa dapat meresponmateri pembelajarandenganbaik seperti bertanya, menjawab pertanyaan, mengemukakan pendapat, dan siswa dapat berdiskusi dalam kelompok dan antara kelompok untuk saling berbagi pengetahuan membahas masalah terkait LKS yang diberikan serta dapat mengukur kemampuan individu siswa dengan diadakannya kuis di setiap akhir pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untukmengetahuiperkembanganaktivitasbelajarmatematikasiswadenganmenerapkanm odel pembelajarankooperatiftipeSnowball Throwingdanuntukmengetahuiapakah hasilbelajarmatematika yang diajardengan menggunakanmodel pembelajarankooperatiftipeSnowball Throwinglebihtinggidaribelajarmatematika yang diajardenganmenggunakanmetodepembelajaranbiasa di kelasVIII MTsN Panampuang Ampek Angkek Kabupaten Agam. Pertanyaan yang diajukandalampenelitianiniadalahbagaimanakahperkembanganaktivitasbelajarmatema tikasiswa yang diajardenganmodel pembelajarankooperatiftipeSnowball Throwing di kelasVIII MTsN Panampuang Ampek Angkek.Hipotesispenelitianiniadalah hasilbelajarmatematika yang diajardenganmodel pembelajarankooperatiftipeSnowball ii Throwinglebihtinggidaribelajarmatematika yang diajardenganmetodepembelajaranbiasa di kelasVIII MTsN Panampuang Ampek Angkek Kabupaten Agam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas VIII MTsN Panampuang Ampek Angkek Kabupaten Agamtahun pelajaran 2014/2015. Sampel dipilih dari populasi yang ada, setelah diketahui bahwa populasihomogendipilih dua kelas sampelsecara random. Dari dua kelas sampel, kelas VIII3sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol Data aktivitasbelajardiperolehdarilembarobservasi yang terdiridari6aspekaktivitassiswa.Hasil yang diperolehadanyakecenderunganpeningkatanaktivitasbelajarsiswa.Data hasilbelajarpadakelassampeldiperolehdarites yang diberikanterdiriatas8butirsoal.Hasiltes yang diperolehdianalisisuntukpengujianhipotesismenggunakanrumus untuk dua sampel independen.Pada = 3,70 dan = 1diperoleh (0,05) < < (0,10) = 0,025 < < 0,05. Oleh karena < 0,05berarti ditolakdanH1diterima.Dengandemikian, disimpulkanbahwabelajarpadakelaseksperimenlebihtinggidaribelajarpadakelaskontrol .Jadi, berartibahwahasilbelajarmatematikayang diajardenganmodel pembelajarankooperatiftipeSnowball Throwinglebihbaikdarihasilbelajarmatematika yang diajardenganmenggunakanmetodepembelajaranbiasa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 02:31 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 02:31 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23262 |
Actions (login required)
View Item |