Penerapan Metode Kumon dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Filial SMPN 2 Padang

Afrizal, Afrizal and Susi, Herawati and Rita, Desfitri (2016) Penerapan Metode Kumon dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Filial SMPN 2 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
29.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Filial SMPN 2 Padang, disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Serta cara belajar dan lingkungan mereka belajar menjadi faktor yang mempengaruhi. Serta kurangnya percaya diri siswa dalam belajar merupakan faktor yang paling utama. Sehingga bila kurangnya percaya diri dalam belajar akan memperngaruh siswa untuk mencontek, serta tidak berani dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian dengan penerapan metode Kumon pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode Kumon lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran Konvensional di kelas VIII SMP Filial SMPN 2 Padang. Hipotesis yang diajukan adalah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan metode Kumon lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Filial SMPN 2 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Filial SMPN 2 Padang tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari tiga kelas. Sampel diambil dua kelas melalui kesamaan rata-tara dan dipilih kelas VIII.10 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.11 sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara pemberian tes akhir pada kedua kelas sampel, tes terdiri 6 butir soal uraian. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pada taraf α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,37 sedangkan t(0,95;53) = 1,615 karena thitung > t(0,95;53) maka hipotesis penelitian diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 29 Oct 2024 03:21
Last Modified: 29 Oct 2024 03:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23267

Actions (login required)

View Item View Item