Fitrah, M Husna and Mukhni, Mukhni and Fauziah, Fauziah (2015) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning melalui Pendekatan Saintifik terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMPN 12 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
1.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMPN 12 Padang dalam pelajaran matematika menjadi salah satu faktor yang melatar belakangi penelitian ini. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang diberikan guru lebih fokus pada pemberian teori yang disertai contoh soal, sehingga siswa tidak terlatih memperoleh pengetahuan dari pengalamannya. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan menerapkan model model Discovery Learning melalui Pendekatan Saintifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan pemahaman konsep matematis siswa selama diterapkan model Discovery Learning melalui Pendekatan Saintifik dan untuk mengetahui pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa kelas kontrol pada siswa kelas VII SMPN 12 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015. Hipotesis yang dikemukakan adalah pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa kelas kontrol di kelas VII SMPN 12 Padang. Sesuai dengan masalah yang telah dikemukakan di atas, jenis penelitian adalah penelitian semi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 12 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari enam kelas yang homogen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII.4 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data pemahaman konsep matematis siswa pada kedua kelas sampel, dilakukan uji hipotesis dengan uji-t dan diperoleh = 1,84 dan = 1,66. Karena > maka hipotesis yang diajukan diterima pada taraf kepercayaan 95%. Dengan demikian pemahaman konsep matematis siswa kelas ii eksperimen lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa kelas kontrol pada kelas VII SMPN 12 Padang. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diberi penerapan model Discovery Learning melalui Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMPN 12 Padang mengalami perkembangan baik dan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa kelas kontrol pada kelas VII SMPN 12 Padang. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar guru matematika dapat menerapkan model Discovery Learning melalui Pendekatan Saintifik sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa karena siswa diberikan kesempatan untuk menemukan konsep dengan caranya sendiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 06:14 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 06:14 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23271 |
Actions (login required)
View Item |