Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division pada Kelas VII.5 SMP N I Solok Selatan

Alnita, Kasmi and Syukma, Netti and Fazri, Zuzano (2015) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division pada Kelas VII.5 SMP N I Solok Selatan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Proses pembelajaran matematika masih belum berorentasi pada kegiatan siswa belajar. Hal ini mengakibatkan siswa kurang aktif dan hasil belajar siswa belum mencapai KKM masih banyak siswa yang tidak mau bertanya, jika menemui kesulitan tetang materi yang diajarkan. Oleh sebab itu peneliti menggunakan metode pembelajaran Pembelajaran Student Teams Achievement Division. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.5 SMP N I Solok Selatan dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakkan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII.5 SMP N I Solok Selatan dengan jumlah 28 orang, yang terdiri terdiri dari 2 siklus yang dilaksanakan mulai dari tanggal 3 April 2014 sampai 5 Juni. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan tes akhir. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis aktivitas dan hasil belajar. Hasil penelitian pada masing-masing siklus memperlihatkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I terdapat 14 orang siswa tuntas dan pada siklus II siswa tuntas 21 orang. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada akhir siklus I yaitu 56,00% pada siklus II menjadi 80,77%. Selanjutnya disimpulkan bahwa pelajaran matematika yang dilakukan melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan kesimpulan di atas maka penulis menyarankan kepada peneliti berikutnya supaya dapat menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division dalam menyampaikan materi kepada siswa agar mereka berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran baik antara siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 31 Oct 2024 06:14
Last Modified: 31 Oct 2024 06:14
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23274

Actions (login required)

View Item View Item