LILI, NOFRIANTI and Fazri, Zuzano and Fauziah, Fauziah (2015) Penerapan Strategi Active Learning Tipe The Power of Two pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah Surantih. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
7.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Ada beberapa hal yang menyebabkan belum tuntasnya hasil belajar matematika siswa di MTs Muhammadiyah Surantih diantaranya bahwa pada saat pembelajaran berlangsung masih banyak siswa yang tidak memperhatikan guru saat menerangkan pelajaran. Pembelajaran hanya terpusat pada guru, siswa lebih banyak sibuk mengobrol dengan temannya sehingga tidak memperhatikan temannya yang menyelesaikan pekerjaan rumah di depan kelas. Untuk memperbaiki keadaan tersebut peneliti mencoba melakukan penelitian dengan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan strategi pembelajaran Active Learning Tipe The Power of Two lebih baik dari yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII MTs Muhammadiyah Surantih. Hipotesis yang dikemukakan adalah Hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan strategi pembelajaran Active Learning tipe The Power of Two lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas VIII MTs Muhammadiyah Surantih. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Surantih tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari lima kelas yang homogen. Pengambilan sampel secara acak karena tiga syarat mulai dari populasi berdistribusi normal dan bervariansi yang homogen serta mempunyai kesamaan rata-rata terpenuhi maka yang terpilih kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII4 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel, setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji-t pada taraf α = 0,05 diperoleh t hitung 3,87dan t tabel 2,018, karena t hitung > t tabel maka hipotesis yang diajukan diterima yaitu hasil belajar matematika siswa setelah menerapkan strategi pembelajaran active ii learning tipe The Power of Two lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah tahun pelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 06:30 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 06:30 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23277 |
Actions (login required)
View Item |