Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Merotasi Pertukaran Pendapat Kelompok dalam Pembelajaran Matematika di Kelas IX SMP Negeri 18 Padang

Elfaiza, Warsya and Lutfian, Almash and Puspa, Amelia (2015) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Merotasi Pertukaran Pendapat Kelompok dalam Pembelajaran Matematika di Kelas IX SMP Negeri 18 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
8.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran matematika adalah hasil belajar siswa masih rendah. Salah satu penyebabnya yaitu pembelajaran yang masih didomonasi oleh guru, sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah penerapan strategi pembelajaean aktif tipe merotasi pertukaran pendapat kelompok dalam pembelajaran matematika. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah bagaimana perkembangan aktivitas siswa selama diterapkannya strategi pembelajaran aktif tipe merotasi pertukaran pendapat kelompok dalam pembelajaran matematika di kelas IX SMP Negeri 18 Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran aktif tipe merotasi pertukaran pendapat kelompok lebih baik daripada proporsi siwa yang mencapai ketuntasan belajar matematika dengan pembelajaran konvensional di kelas IX SMP Negeri 18 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi adalah siswa kelas IX SMPN 18 Padang tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari sembilan kelas. Sampel dipilih dari populasi yang ada, setelah diketahui bahwa populasi homogen dipilih dua kelas sampel secara random. Dari dua kelas sampel, dalam penelitian ini terpilih kelas IX7 sebanyak 29 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas IX6 sebanyak 29 orang sebagai kelas kontrol

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 31 Oct 2024 06:28
Last Modified: 31 Oct 2024 06:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23278

Actions (login required)

View Item View Item