Pengaruh Penerapan Strategi Quantum Teaching terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTsN Sintuk

Nurhayati, Nurhayati and Mukhni, Mukhni and Fazri, Zuzano (2015) Pengaruh Penerapan Strategi Quantum Teaching terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTsN Sintuk. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
9.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman matematika siswa yang merupakan akibat dari siswa yang kurang berpartisipasi dalam pembelajaran. Hal ini terlihat ketika guru menerangkan ada sebagian siswa yang mengobrol dengan temannya dan berpindah-pindah tempat duduk. Kondisi yang demikian menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah, untuk mengatasi hal itu maka diterapkan strategi Quantum Teaching. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan strategi Quantum Teaching pada siswa kelas VIII MTsN Sintuk tahun pelajaran 2014/2015. Pertanyaan penelitian ini adalah “Bagaimana perkembangan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTsN Sintuk selama menerapkan strategi Quantum Teaching?”. Hipotesis penelitian ini adalah pemahaman konsep matematis siswa yang pembelajarannya menerapkan strategi Quntum Teaching lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII MTsN Sintuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTsN Sintuk yang terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari tiga kelas. Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling atau sampling acak setelah dilakukan uji normalitas, uji homogenitas populasi dan uji kesamaan rata-rata terpilih kelas dengan 34 orang siswa sebagai kelas ekperimen dan kelas dengan 31 orang siswa sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah perlakuan yang diberikan pada kelas sampel penelitian yaitu penerapan strategi Quantum Teaching pada kelas eksperimen dan pembelajaran yang menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematis siswa setelah perlakuan diberikan. v Uji hipotesis hasil akhir matematika siswa dianalisis deng

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 31 Oct 2024 06:27
Last Modified: 31 Oct 2024 06:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23279

Actions (login required)

View Item View Item