Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII SMPN 12 Padang

Defi, Marleni and Fazri, Zuzano and Edrizon, Edrizon (2015) Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII SMPN 12 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan observasi pada kelas VIII SMPN 12 Padang ditemukan bahwa dalam setiap pembelajaran guru lebih sering memberikan soal-soal rutin kepada siswa, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal berbasis masalah. Akibatnya, siswa tidak mampu menalar dan menganalisis soal tersebut. Adapun cara untuk meningkatkan nalar dan analisis siswa adalah dengan melatih siswa berfikir tingkat tinggi. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka salah satu cara mengatasinya dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika yang menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMPN 12 Padang pada tahun pelajaran 2014/2015. Hipotesis yang diajukan adalah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa di kelas VIII SMPN 12 Padang tahun pelajaran 2014/2015. Sesuai dengan yang dikemukakan di atas, jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 dan kelas VIII2 SMPN 12 Padang tahun pembelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling, sehingga terpilih kelas VIII.1 sebanyak 30 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebanyak 32 orang siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar berupa tes uraian dan dilihat peningkatan hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 31 Oct 2024 07:01
Last Modified: 31 Oct 2024 07:01
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23281

Actions (login required)

View Item View Item