PengaruhPenerapanStrategi Learning Starts With a Question(LSQ) TerhadapPemahamanKonsepMatematika SiswaKelasX Peminatan MIA SMAN 5 Padang

Roziar, Roziar and Mukhni, Mukhni and Edrizon, Edrizon (2015) PengaruhPenerapanStrategi Learning Starts With a Question(LSQ) TerhadapPemahamanKonsepMatematika SiswaKelasX Peminatan MIA SMAN 5 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Salah satufaktorpenyebabbanyak nilai siswakelasX Peminatan MIA SMAN 5 Padang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM)adalahkurangnya pemahaman konsep matematis siswa.Olehsebabitu guru harusmampumemilihstrategi pembelajaran yang dapatmeningkatkanpemahamankonsepmatematissiswa. Salah satustrategi pembelajaran yang dapatdigunakanadalahStrategi Learning Starts With a Question(LSQ).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan pemahaman konsep matematika siswa selama diterapkanStrategiLSQdan untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakanstrategi LSQ dengan lebih baik dari pemahaman konsep matematis yang menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas X Peminatan MIA SMAN 5 Padang. Pertanyaan penelitian ini adalah “Bagaimana perkembangan pemahaman konsep matematis siswa kelas X Peminatan SMAN 5 Padangselama diterapkanStrategi LSQ?”. Hipotesis penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan Strategi LSQlebih baik dari pada pemahaman konsep matematiS siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas X Peminatan MIA SMAN 5 Padang. Jenispenelitianiniadalahpenelitianeksperimen.Populasipenelitianadalahsiswa kelasX Peminatan MIA SMAN 5 Padang yang terdaftarpadatahunpelajaran 2014/2015 yang terdiridari5kelasyaituXMIA4sampaiXMIA5.Sampeldiambilsecaraacaksetelahdilak ukanujinormalitas, ujihomogenitaspopulasidanujikesamaan rata-rata.Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Samplingdankelaseksperimen yang terpilihadalahkelasXMIA4dankelaskontrol yang terpilihadalahkelasXMIA5. Variabelbebasdalampenelitianiniadalahperlakuan yang diberikanpadakelassampelpenelitianyaitupenerapanStrategi ii LSQpadakelaseksperimendanpembelajaran yang menerapkanpembelajaranbiasapadakelaskontrol.Variabelterikatdalampenelitianini adalahpemahamankonsepmatematissiswasetelahperlakuandiberikan. Jenis data penelitianiniadalahadalah data kuantitatif.Sumber data penelitianiniadalahsumber data primer, yaitubersumberdarikuis dan tes akhir dari kelas sampel dansumber data sekunder, yaitubersumberdaritata usaha/guru matematika SMAN5 Padang.Instrumen yang digunakandalam penelitian ini adalahkuis dan tes akhir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 31 Oct 2024 07:01
Last Modified: 31 Oct 2024 07:01
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23282

Actions (login required)

View Item View Item