Penerapan Metode Buzz Group dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Thawalib Pariaman

Gina, Rizkiana and Zulfa, Amrina and Fazri, Zuzano (2015) Penerapan Metode Buzz Group dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Thawalib Pariaman. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran matematika di kelas VIII MTsN Thawalib Pariaman cenderung satu arah yaitu dari guru ke siswa. Guru menjelaskan materi pelajaran, memberikan beberapa contoh soal dan memberikan latihan. latihan yang dikerjakan siswa dikerjakan secara individual. Selain itu pada saat mengerjakan latihan hanya sebagian siswa yang serius mengerjakan latihan tersebut, sebagian lagi sibuk dengan aktivitas mereka masing-masing. Guru juga memberikan kesempatan bertanya kepada siswa tentang materi yang belum dipahami namun hanya satu atau dua orang saja yang bertanya, di dalam kelas juga jarang dilakukan diskusi oleh guru. Hal ini mengakibatkan aktivitas belajar siswa kurang karena tidak adanya diskusi di dalam kelas sehingga hasil belajar matematika siswa rendah. Untuk mengatasi masalah ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan metode Buzz Group. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan aktivitas belajar matematika siswa selama diterapkan metode Buzz Group dan untuk menguji hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan metode Buzz Group lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII MTsN Thawalib Pariaman Tahun Pelajaran 2014/2015. Hipotesis yang diajukan adalah hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Thawalib Pariaman yang pembelajarannya menerapkan metode Buzz Group lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII MTsN Thawalib Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTsN Thawalib Pariaman tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari lima kelas yang homogen. Pengambilan sampel secara acak karena tiga syarat mulai dari populasi berdistribusi normal dan bervariansi yang homogen serta mempunyai kesamaan rata-rata terpenuhi maka yang terpilih kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Data aktivitas belajar diperoleh dari lembar observasi yang terdiri dari 4 aspek aktivitas siswa. Hasil yang diperoleh adanya peningkatan aktivitas belajar siswa setiap pertemuannya. Data hasil belajar matematika siswa pada kedua kelas sampel, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan rata-rata pada taraf = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh = 1,739 dan = 1,676. Karena > maka hipotesis yang diajukan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan metode Buzz Group lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru matematika dapat menerapkan metode Buzz Group dalam pembelajaran matematika sebagai salah satu alternatif untuk mencapai tujuan belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 31 Oct 2024 06:58
Last Modified: 31 Oct 2024 06:58
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23283

Actions (login required)

View Item View Item