Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif tipe Guide Note Taking disertai kuis terhadap hasil belajar matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 12 Mukomuko

Samsi, Ruzqiah Siregar and Rita, Desfitri and Puspa, Amelia (2015) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif tipe Guide Note Taking disertai kuis terhadap hasil belajar matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 12 Mukomuko. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena proses pembelajaran yang dilakukan pada kelas XI IPS SMA Negeri 12 Mukomuko, pada umumnya cenderung satu arah, aktivitas dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran masih rendah, kurangnya motivasi belajar siswa, dan siswa masih malas dalam membuat catatan tentang materi yang sedang dipelajari, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Untuk mengatasi masalah ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif tipe Guide Note Taking di sertai kuis dalam pembelajaran matematika. Melalui strategi pembelajaran ini, mendorong timbulnya motivasi dan mengembangkan potensi siswa secara aktif dalam belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Guide Note Taking di sertai kuis lebih baik dari pada hasil belajar matamatika yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 12 Mukomuko. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Guide Note Taking di sertai kuis lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 12 Mukomuko. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 12 Mukomuko tahun pelajaran 2014/2015. Sampel diambil dari seluruh anggota populasi yang hanya terdiri dari dua kelas, setelah diketahui bahwa populasi berdistribusi normal, homogen dan mempunyai kesamaan rata-rata, kemudian dipilih dua kelas sampel secara total sampling. Dari dua kelas sampel, kelas XI IPS1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS2 sebagai kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 31 Oct 2024 06:55
Last Modified: 31 Oct 2024 06:55
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23284

Actions (login required)

View Item View Item