Ahda, Mukhti and Rita, Desfitri and Fauziah, Fauziah (2015) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif tipe The Learning Cell dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
16.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena proses pembelajaran yang dilakukan pada kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota, proses pembelajaran matematika masih ada yang masih terpusat pada guru,aktivitas dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran masih kurang, motivasi belajar siswa masih kurang, dan siswa masih malu dalam bertanya dan mengeluarkan pendapatnya, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Untuk mengatasi masalah ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe The Learning Cell dalam pembelajaran matematika. Melalui strategi pembelajaran ini, mendorong timbulnya motivasi dan mengembangkan potensi siswa secara aktif dalam belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe The Learning Cell lebih baik dari pada hasil belajar matamatika yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe The Learning Cell lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari empat kelas. Sampel dipilih dari populasi setelah diketahui bahwa populasi mempunyai variansi yang homogen dan mempunyai kesamaan rata-rata.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 06:48 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 06:48 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23285 |
Actions (login required)
View Item |