DEZMI, DEZMI and Syukma, Netti and Fazri, Zuzano (2015) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Kelas VIIc SMP N 4 Solok Selatan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
17.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) |
Abstract
Pembelajaran matematika masih belum berorientasi pada pembelajaran yang membelajarkan siswa. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yang masih belum mencapai KKM karena, kurang memahami konsep dari materi yang diajarkan. Walaupun sudah diiringi dengan latihan dan PR, siswa enggan untuk bertanya, senangya menunggu jawaban dari temannya yang pintar. Hal ini disebabkan oleh kurangnya motivasi dan bimbingan dari guru, yang membuat siswa bisa menemukan konsep sendiri. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah tersebut diatas peneltiti menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIc SMPN 4 Solok Selatan, melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Hipotesis penelitian ini adalah pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIc SMPN 4 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIIc SMPN 4 Solok Selatan yang berjumlah 28 orang, terdiri dari 2 siklus yang dilaksanakan mulai dari tanggal 23 Mei 2014 sampai tanggal 6 Juni 2014. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil tes akhir siklus I dan siklus II. Pada siklus I dari 28 orang yang mengikuti tes, yang tuntas 13 orang, yang belum tuntas 15 orang dengan persentase ketuntasan 57,14%. Sedangkan pada siklus II dari 28 orang sisiwa yang mengikuti tes 22 orang siswa tuntas dan 6 orang yang belum tuntas dengan persentase ketuntasan 78,57%. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika yang dilakukan melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disini peneliti menyarankan kepada guru matematika agar dapat menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) ini sebagai salah satu aternatif untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 07:06 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 07:06 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23286 |
Actions (login required)
View Item |