Ana, Mulia and Edrizon, Edrizon and NINIWATI, NINIWATI (2015) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
18.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitianinidilatarbelakangidenganbanyaknyasiswa yang melakukankesalahanpadasaatmenyelesaikansoalmetematikawalaupunpembelajara n yang dilaksanakanberlangsungdengancukupbaik, danjugamasihbanyaknyasiswa yang mendapatnilai di bawah KKM.Hal inidapatdilihatdarinilai MID Semester Ganjilkelas VII SMP Negeri 7 Padang tahunpelajaran 2014/2015.Olehkarenaitu, diperlukankajianmendalamtentangkesalahansiswainidandikajijugapenyebabsiswa melakukankesalahantersebut. Penelitianinibertujuanuntuk 1)menganalisiskesalahan-kesalahan yang dilakukansiswa SMP Negeri 7 Padang dalammenyelesaikansoalmengenaiperbandingan.2) mengetahuifaktor-faktor yang menyebabkansiswakelas VII SMP Negeri 7 Padang melakukankesalahandalammenyelesaikansoalmengenaiperbandingan.Pertanyaand alampenelitianiniadalah1) berapa persenkah kesalahan konsep, prinsip, dan algoritma yang dilakukan siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang dalam menyelesaikan soal matematika; 2) apa penyebab siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang berusahamenggambarkanobjekatausubjek yang ditelitisesuaidenganapaadanya, dengantujuanmenggambarkansecarasistematisfaktadankarakteristikobjek yang ditelitisecaratepat. PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasVII SMPnegeri 7 Padang yang terdiridari 8 kelas. Sampelpenelitianinidipilihsecarapurposive samplingsehinggaterpilihkelasVII .Pengumpulan data menggunakantesuraian, angket, danwawancarakepadabeberapasiswa yang terpilihserta guru bidangstudimatematikakelasVII . Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadabeberapakesalahan yang dilakukansiswadalammenyelesaikansoalmatematikamengenaiperbandingan yang dikelompokkankedalamtigajeniskesalahan, yaitu 1) kesalahankonsepsebesar96,77%, 2) kesalahan prinsip sebesar 64,52%, dan 3)kesalahanalgoritmasebesar93,55%. Beberapafaktor yang menyebabkansiswamelakukankesalahandiantaranyasiswakurangmemahamisoalde nganbaik, kurangnyapemahamansiswaterhadapmateri, kecerobohansiswa, penerapanmetodepembelajaran yang dilakukan guru belummaksimal, kurangmemadainyafasilitaspembelajaranmatematika yang disediakansekolah, danjugatingginya KKM yang ditetapkan di sekolah. Secaraumumdapatdikatakanbahwabahwafaktor internal maupuneksternalmenjadipenyebabsiswamelakukankesalahan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 07:14 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 07:14 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23287 |
Actions (login required)
View Item |