Elsa, Camelia and Rita, Desfitri and Edrizon, Edrizon (2015) Pengaruh Penerapan Teknik Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Dengan Pendekatan Scientific Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 12 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
19.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Salah satu faktor penyebab banyak nilai siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah kurangnya pemahaman konsep matematis siswa. Oleh sebab itu guru harus mampu memilih teknik pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Salah satu teknik pembelajaran yang dapat digunakan adalah Teknik Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Dengan Pendekatan Scientific. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep matematika siswa selama diterapkan Teknik TAPPS dengan Pendekatan Scientific dan untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan TAPPS dengan Pendekatan Scientific lebih baik dari pemahaman konsep matematika yang menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Pertanyaan penelitian ini adalah “Bagaimana pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMPN 12 Padang selama diterapkan Teknik (TAPPS) Dengan Pendekatan Scientific?”. Hipotesis penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan Teknik (TAPPS) Dengan Pendekatan Scientific lebih baik dari pada pemahaman konsep matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari enam kelas yaitu VIII1 sampai VIII6. Sampel diambil secara acak setelah dilakukan uji normalitas, uji homogenitas populasi dan uji kesamaan rata-rata. Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling dan kelas eksperimen yang terpilih adalah kelas VIII4 dan kelas kontrol yang terpilih adalah kelas VIII5. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah perlakuan yang diberikan pada kelas sampel penelitian yaitu penerapan Teknik ii (TAPPS) Dengan Pendekatan Scientific pada kelas eksperimen dan pembelajaran yang menerapkan pembelajaran biasa pada kelas kontrol. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa setelah perlakuan diberikan. Jenis data penelitian ini adalah adalah data kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer, yaitu bersumber dari kuis dan tes akhir dari kelas sampel dan sumber data sekunder, yaitu bersumber dari tata usaha VIII SMP Negeri 12 Padang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuis dan tes akhir. Gambaran pemahaman konsep matematika siswa dapat diketahui dari nilai kuis yang diberikan di setiap akhir pertemuan. Dari analisis hasil kuis, diperoleh gambaran persentase siswa yang tuntas berdasarkan nilai kuis mengalami cendrung semakin baik. Data hasil tes akhir siswa yang mengandung indikator pemahaman konsep pada kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Maka untuk menguji hipotesis digunakan rumus t. Uji hipotesis hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data dengan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 2.05 sedangkan ttabel = 1,668, karena thitung > ttabel maka hipotesis H0 ditolak, berarti hipotesis yang diterima adalah hipotesis H1. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan diterima yaitu bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan Teknik Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Dengan Pendekatan Scientific lebih baik dari pemahaman konsep matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang pada tahun pelajaran 2014/2015. Penulis menyarankan agar guru atau pembaca dapat menggunakan teknik pembelajaran ini sebagai alternatif untuk menjadikan hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 07:16 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 07:16 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23288 |
Actions (login required)
View Item |