Sri, Utami and NINIWATI, NINIWATI and Fazri, Zuzano (2015) Penerapan strategi pembelajar aktif tipe Bowling Kampus disertai kuis pada pembelajaran matematika siswa kelas IX SMPN 11 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
20.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran matematika di SMPN 11 Padang sebagian besar masih terpusat pada guru, masih adanya siswa yang kurang termotivasi untuk belajar dan siswa cenderung cepat bosan dalam belajar. Ketika guru menerangkan materi siswa terlihat sibuk dengan pekerjaannya sendiri, misalnya ada yang mengobrol dengan temannya dan ada yang sibuk sendiri menggambar di belakang buku tulis. Pada saat mengerjakan soal latihan, terlihat beberapa siswa mondar- mandir kebangku teman yang lebih pandai untuk mendapatkan jawaban dari soal yang diberikan oleh guru. Hanya beberapa siswa saja yang mengerjakan soal dengan sungguh-sungguh. Sedangkan siswa yang lainnya ada yang mengobrol, mengerjakan pekerjaan lain yang tidak berhubungan dengan pelajaran, ada yang meribut dan mengganggu temannya. Saat guru menanyakan kembali kepada siswa tentang kesulitan materi yang telah diajarkan tadi, hanya siswa yang duduk dibagian depan saja yang mau bertanya dan mengeluarkan pendapat. Akibatnya, materi pelajaran tidak dapat dipahami dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Bowling Kampus disertai kuis lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IX SMPN 11 Padang. Hipotesis yang dikemukakan adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Bowling Kampus disertai kuis lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas IX SMPN 11 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 11 Padang tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari empat kelas yang telah diuji normalitas dan homogenitasnya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX.F sebagai eksperimen dan siswa kelas IX.E sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel, dilakukan uji hipotesis dengan uji-t pada taraf dan diperoleh thitung 1,71, t (0,95:60) 1,67 . Karena (0,95:60) t t hitung maka hipotesis yang diajukan diterima yaitu hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Bowling Kampus disertai kuis lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas IX SMPN 11 Padang. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru matematika dapat menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Bowling Kampus disertai kuis sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 07:19 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 07:19 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23289 |
Actions (login required)
View Item |