Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Berbagi Pengetahuan Secara Aktif dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Pasir Talang Kabupaten Solok Selatan

Haziah, Putri Insyani and Fazri, Zuzano and NINIWATI, NINIWATI (2015) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Berbagi Pengetahuan Secara Aktif dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Pasir Talang Kabupaten Solok Selatan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
23.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran yang berlangsung masih terpusat pada guru, Guru menjelaskan materi, memberikan contoh soal dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, namun hanya sedikit yang mau bertanya karena siswa kurang memperhatikan materi yang dijelaskan guru. Disaat guru memberikan soal latihan hanya sedikit siswa yang mengerjakannya dengan sungguh-sungguh, karena siswa yang kurang paham tidak mau bertanya kepada teman yang memahami materi maupun kepada guru. Kebanyakan siswa hanya diam dan asyik dengan kegiatannya sendiri. Siswa yang memahami materi menyelesaikan latihan secara individu dan tidak ada interaksi antara siswa dalam mengerjakan latihan, sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dan siswa juga tidak terbiasa menyelesaikan soal matematika bersama temannya untuk dapat saling berbagi pengetahuan yang dimilikinya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe berbagi pengetahuan secara aktif. Strategi pembelajaran aktif tipe berbagi pengetahuan secara aktif dapat memberi siswa kesempatan untuk saling berbagi pengetahuan dengan berkelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe berbagi pengetahuan secara aktif lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII MTsN Pasir Talang Kabupaten Solok Selatan. Hipotesis yang diajukan adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe berbagi pengetahuan secara aktif lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VIII MTsN Pasir Talang Kabupaten Solok Selatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 31 Oct 2024 07:19
Last Modified: 31 Oct 2024 07:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23290

Actions (login required)

View Item View Item