Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Solok

Nurul, Rahayu and Khairudin, Khairudin and Rita, Desfitri (2015) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Solok. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
29.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa Kelas VIII SMPN 3 Solok. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, diantaranya pembelajaran yang masih terpusat pada guru, siswa yang tidak berani bertanya tentang materi yang belum dipahaminya dan anggapan siswa bahwa matematika itu merupakan pelajaran yang sulit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar matematika siswa, yang pembelajarannya menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Terbimbing. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Terbimbing lebih baik, jika dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah ekperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Solok tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari tujuh kelas yang homogen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.6 sebagai kelas ekperimen dan siswa kelas VIII.7 sebagai kelas kontrol. Data aktivitas belajar diperoleh dari lembar observasi , terdiri dari 5 indikator aktivitas siswa yang diamati dalam penerapan strategi pembelajaran aktif tipe terbimbing. Hasil yang diperoleh adanya kecenderungan peningkatan aktivitas belajar siswa. Sedangkan data hasil belajar matematika siswa yang diperoleh dengan memberikan tes kepada kedua kelas sampel. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pada taraf = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh = 1,7332 dan = t(0,95; 41) = 1,679 pada taraf nyata = 0,05 karena > maka hipotesis yang diajukan diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 31 Oct 2024 07:31
Last Modified: 31 Oct 2024 07:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23292

Actions (login required)

View Item View Item